skip to main | skip to sidebar

Rabu, 12 Oktober 2011

Permen Karet Bebas Gula Tetap Berbahaya

http://static.liputan6.com/201110/111013apermenkaret.jpgSebagian orang menjadikan permen karet sebagai teman sejatinya saat mengusir rasa jenuh. Dengan mulut bergoyang, aktivitas melamun Anda akan sedikit terhibur. Dan kini permen karet non-gula juga tersedia yang diklaim dapat mencegah gigi berlubang.

Memang, permen karet yang dikunyah ini dapat membersihkan permukaan gigi dari sisa makanan. Sehingga kebersihan gigi tetap terjaga. Tapi penelitian di Inggris menyebutkan bahwa permen karet bebas gula tetap memiliki dampak tersendiri pada gigi.

Seperti diketahui, permen tersebut menggunakan pengganti gula, yakni xylitol dan sorbitol yang dikatakan dapat menurunkan risiko gigi berlubang. Namun penelitian tersebut menemukan, zat pengganti gula itu dapat meningkatkan keasaman mulut yang bisa mengikis enamel gigi.

Enamel merupakan lapisan keras yang melindungi gigi dan dapat terkikis bila terkena zat yang terkandung dalam pengganti gula.

"Masyarakat harus tahu bahwa ada risiko pengikisan gigi yang disebabkan asam aditif. Juga adanya efek samping seperti gangguan lambung dan diare osmotik," kata para peneliti tersebut.

Profesor Damien Walmsley dari British Dental Association juga mengatakan, permen karet bebas gula sesudah makan dapat mengurangi risiko pembusukan gigi. Namun bila Anda tidak ingin mengalami pengikisan gigi, sebaiknya jangan memilih produk yang mengandung rasa buah.

Pilihan yang tepat bila gigi Anda ingin tetap sehat dan cemerlang, rawatlah gigi secara rutin dengan menggosokknya dua kali sehari. Dan baiknya Anda dapat mengunjungi dokter gigi secara berkala

0 komentar:

Posting Komentar